6 Penyebab Umum Kerusakan AC

Author:

Mengapa AC Bisa Rusak?

Kerusakan AC. Saat suhu meningkat, pendinginan udara yang baik membuat rumah Anda tetap sejuk dan nyaman sepanjang cuaca panas. Sayangnya, terkadang AC bisa mengalami kerusakan – meninggalkan Anda tanpa kenyamanan di hari-hari panas.

6 Penyebab Umum Kerusakan AC

Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan enam penyebab umum kerusakan AC sehingga Anda tahu apa yang perlu diwaspadai dan dapat mengambil tindakan sebelum kerusakan terjadi. Mari kita lihat penyebab umum yang mungkin menjadi penyebabnya.

Filter Udara Kotor

Apakah Anda tahu bahwa tidak mengganti atau membersihkan filter udara dapat menyebabkan kerusakan pada unit AC Anda? Saat aliran udara berkurang maka bisa menyebabkan unit AC tidak dapat berfungsi karena filter yang kotor dan berdebu; akibatnya, unit tersebut mungkin mengalami kegagalan saat Anda membutuhkannya.

Tapi jangan khawatir – memperbaiki masalah kerusakan AC yang disebabkan oleh filter udara kotor cukup mudah. Anda bisa membuat pengingat untuk mengganti atau membersihkan filter udara secara berkala, membuat unit Anda dalam kondisi prima sepanjang tahun. Tidak perlu lagi berkeringat saat hawa sedang panas.

Tingkat Refrigeran Rendah

Tingkat refrigeran yang rendah dapat menyebabkan kerusakan pada AC Anda. Cairan pendingin atau refrigeran adalah cairan yang beredar melalui gulungan pendingin perangkat Anda dan menyerap panas dari udara di dalam. Bila jumlah cairan ini tidak mencukupi dalam sistem akibat tingkat yang rendah dapat menyebabkannya menjadi panas berlebihan dan mati akibat pendinginan yang tidak memadai.

Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, termasuk kebocoran di saluran AC, sistem yang terpasang dengan tidak tepat, atau pemeliharaan yang salah. Walau begitu, masalah ini paling mudah diperbaiki dan memerlukan pengisian ulang unit dengan lebih banyak refrigeran atau perbaikan kebocoran yang ada.

Saluran Tersumbat atau Bocor

Saluran udara AC Anda adalah bagian penting dari sistem. Jika Anda melihat adanya kebocoran atau penyumbatan pada saluran udara, itu dapat menyebabkan kerusakan pada unit AC. Saluran yang tidak terisolasi dengan baik atau bahkan tersumbat juga bisa menjadi masalah umum yang menyebabkan kerusakan AC.

Untuk menjaga AC Anda tetap berjalan dengan efisien, penting untuk memeriksa semua saluran udara di rumah Anda dan memastikan bahwa semuanya tertutup dengan baik dan bebas dari sumbatan.

Masalah Thermostat

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi thermostat membuat rumah Anda nyaman karena ia berkomunikasi dengan unit AC Anda untuk mengatur suhu. Tetapi jika thermostat Anda tidak berfungsi dengan baik, itu bisa menyebabkan masalah besar.

Ketika thermostat tidak dapat mengukur suhu dengan akurat, AC Anda bisa rusak, meninggalkan Anda dengan rumah yang panas dan tidak nyaman. Jadi, memantau thermostat Anda dan mengatasi masalah apa pun segera setelah mereka muncul untuk mencegah masalah besar sangat penting.

Masalah Listrik

Listrik sangat penting agar AC Anda berfungsi dengan baik. Tetapi apa yang terjadi ketika masalah listrik bisa menyebabkan AC Anda rusak? Banyak faktor, seperti kawat yang tersumbat atau sirkuit yang kelebihan beban, mungkin menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa bahwa sistem listrik Anda beroperasi sebelum menghidupkan AC.

Jangan biarkan masalah listrik merusak kesenangan Anda atau menunda penggunaan AC Anda. Selalu pastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik.

Saluran dan Pipa Tersumbat

Kita mungkin tidak terlalu memikirkan saluran dan pipa di AC kita, tetapi menjaga mereka bebas dari serpihan sangat penting untuk mencegah kerusakan. Ketika jalur-jalur ini tersumbat, air tidak dapat keluar dan menyebabkan masalah.

Kotoran, debu, dan partikel lainnya bisa mengumpul dari waktu ke waktu, jadi pemeriksaan secara teratur diperlukan untuk menjamin sistem Anda berfungsi. Jangan biarkan saluran atau pipa yang tersumbat menyebabkan kerusakan; sebaliknya, ambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga kebersihan dan bebas dari serpihan. Pastikan untuk memeriksanya secara teratur dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Perawatan AC

Kerusakan AC bisa mahal dan memakan waktu. Dengan memahami penyebab umum kegagalan AC, Anda akan lebih siap untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap kemungkinan kerusakan pada sistem Anda.

Pemeliharaan rutin sangat penting untuk menghindari perbaikan yang tak terduga dan memastikan unit Anda berfungsi dengan baik.

Akhir

Demikian postingan kali ini mengenai penyebab kerusakan AC yang paling umum. Semoga berguna dan bisa menjadi pencerahan bagi kita semua, salam 🙂

Lihat juga postingan lainnya :

Anda butuh kontraktor untuk membangun rumah impian Anda? Hubungi kami – CGA, jasa kontraktor rumah di Bandung,  atau bila anda ingin mengetahui lebih jauh tentang kami dapat membuka halaman profil CGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Zzz...

Exit mobile version