Kusen uPVC Pada Rumah Tinggal

Apakah uPVC itu? Bagaimana perbandingannya terhadap kayu atau aluminium? Apakah ia menguntungkan?

Kusen uPVC

Postingan kali ini adalah mengenai dokumentasi proyek kami yang sudah hampir selesai dan sedang melakukan pemasangan kusen uPVC. Lokasinya di daerah Tajur, Bogor, Jabar.

Di masyarakat umum, ternyata masih banyak yang belum mengenal akan kusen uPVC ini, makanya mumpung ada foto dokumentasi proyek, sekalian kita coba bahas sekarang.

Apa itu kusen uPVC?

Anda mungkin sudah banyak kenal dengan PVC (polyvinyl chloride) kan? Entah itu pipa atau apalah. Nah PVC ini masih mempunyai sifat plastis, sehingga masih bisa di bengkokan sedikit atau banyak.

Huruf ‘u’ pada uPVC adalah kependekan dari unplasticized, suatu proses penghilanngan sifat plastis (lunak) tersebut. Sehingga uPVC bisa menjadi kokoh/kaku (rigid).

Karena berbahan dasar plastik, maka kusen uPVC menjadi anti rayap, tahan air, hujan, angin dll dll.

Perbandingan harga kusen uPVC dengan kayu dan aluminium

Kalau dari harga, bila dibandingkan dengan kuasen kayu biasa maka uPVC akan lebih mahal, tetapi bila dibandingkan dengan kayu keras (kayu Kalimantan dll) maka kusen uPVC jauh lebih murah.

Bila dibandingkan terhadap aluminium? Kusen aluminiuim ada 2 jenis ya, yang batangan dan yang pabrikan. Kalau terhadap yang batangan gelondongan, uPVC lebih mahal, sedangkan terhadap kusen pabrikan yang masuk kelas premium (YKK dll) maka kusen uPVC lebih murah, dengan kualitas kekedapan yang sama.

Dikarenakan hal-hal tersebut diatas, makanya saat ini trend kusen uPVC sedang favorit.

Lain lain, tentang bangunannya

Mengenai bangunannya sbb; merupakan hasil karya dari arsitek di Bandung dan bergaya desain minimalis. Tipe bangunannya 2 lantai dan luasannya sekitar 220 m2.

Untuk spesifikasi materialnya kurang lebih sbb;

  • Struktur rangka beton bertulang, tipe pondasi strauss pile
  • Dinding bata ringan
  • Atap baja ringan
  • Kusen uPVC
  • Sanitari Toto
  • Penutup lantai, granit tile
  • Cat luar Dulux Weathershield, dalam Catylac

Foto foto

Ok, sekarang ini foto-foto lapangannya, kita sudah coba pilih beberapa yang bisa mewakili 🙂

Nah kira-kira seperti itu postingan mengenai uPVC kali ini, semoga berguna dan bisa menjadi pencerahan bagi kita semua, salam 🙂

CGA, layanan jasa kontraktor rumah di Bandung

CGA, jasa kontraktor rumah di Bandung, jangan ragu untuk menghubungi kami, atau bila anda ingin mengetahui lebih jauh tentang kami dapat membuka halaman profil CGA.

Author: CS CGA

Jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor rumah di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *