Bahan Material Konstruksi Baja, Mild Steel

Mild steel, baja yang sering digunakan pada konstruksi bangunan

Sebagian besar konstruksi menggunakan jenis baja ini

Mild Steel

Besi karbon kadang disebut juga sebagai mild steel atau plain carbon steel. Standar Amerika menyatakan bahwa carbon steel memilik kandungan karbon tidak lebih dari 2% dan tanpa campuran bahan lain yang berarti. Produk jenis ini memilik pangsa pasar paling tinggi dan dipergunakan untuk berbagai aplikasi.

Sifat umumnya dari jenis ini adalah kaku dan kuat. Mereka juga bisa memiliki sifat magnetis. Sehingga banyak digunakan pada mesin motor dan peralatan listrik. Kekurangan dari baja jenis ini adalah terhadap serangan karat, sehingga tidak cocok untuk digunakan pada lingkungan yang korosif, kecuali sudah diberikan perlindungan yang sesuai sebelumnya.

Perbedaan antara baja biasa dengan mild steel

  • Baja biasa tidak terlalu mudah dibentuk dibandingkan jenis mild steel.
  • Mild steel tidak serapuh baja biasa.
  • Baja biasa lebih tahan karat.
  • Mild steel dapat diperkuat lagi dengan penambahan sedikit karbon.

Kuat terhadap beban tarik

Jenis baja mild steel adalah bahan konstruksi yang sangat kuat. Sebuah pipa baja dengan diameter 25 mm yang mampu menahan beban tarik hingga 20.000 kg (20 ton) sebelum patah, atau setara dengan:

  • 18 buah mobil Honda City
  • Dua setengah gajah afrika dewasa
  • Satu setengah bus Double-Decker yang ada di kota London, Inggris

Mild Steel

Kekuatan luar biasa ini sangat bermanfaat bagi bangunan. Fitur penting lain dari instalasi baja adalah fleksibilitasnya. Baja mampu menekuk tanpa terjadi retakan,  yang menjadikannya sebuah kelebihan utama. Sebuah bangunan tinggi dengan konstruksi baja, mampu melendut/melentur bila terkena hembusan angin atau ketika menerima gaya akibat gempa.

Kelebihan lainnya dalah sifat plastisnya, baja ketika menerima tekanan yang besar diluar kemampuannya akan menekuk terlebih dahulu, tidak langsung retak seperti kaca, tetapi perlahan membengkok keluar dari bentuknya.

Sifatnya ini memungkinkan bangunan baja melengkung keluar dari bentuk, atau berubah bentuk, sehingga memberi peringatan kepada penghuninya untuk evakuasi. Kegagalan dalam rangka baja tidak mendadak – struktur baja jarang ambruk. Baja dalam kasus gempa, mampu bertahan jauh lebih baik daripada kebanyakan bahan lainnya yang kaku dan getas.

Kekurangan dari baja adalah terhadap panas, baja dengan cepat akan kehilangan kekuatannya pada suhu yang tinggi. Pada suhu 500 derajat celcius, baja mild steel bisa kehilangan hampir setengah kekuatannya.

Inilah yang terjadi pada runtuhnya World Trade Towers pada tahun 2001. Oleh karena itu baja pada bangunan harus diberi perlindungan terhadap api atau suhu tinggi. Hal ini biasanya dilakukan dengan membungkusnya dengan material papan atau dengan menyemprotkan bahan anti api.

Kenapa dan dimana kita menggunakan Mild Steel

  • Jika baja tersebut tidak akan di ekspos, misal penyelesaiannya nanti akan dilapis cat atau diberi pelapis.
  • Jika Anda membutuhkan baja untuk komponen struktural yang sesuai dengan estetika dan tidak terlihat atau mempengaruhi keseluruhan konsep visual.

Pembahasan lebih detil lainnya dari bahan bangunan lainnya:

Bahan Material Beton Bertulang

CGA, layanan jasa kontraktor rumah di Bandung

CGA, jasa kontraktor Bandung, jangan ragu untuk menghubungi kami, atau bila anda ingin mengetahui lebih jauh tentang kami dapat membuka halaman profil CGA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Zzz...