Bagaimana Menghitung Prakiraan Harga Bangunan Secara Sederhana

Prakiraan awal biaya membangun bisa kita asumsikan secara kasar dengan menjadikannya sebagai harga rata-rata per m2

Tolok ukur sebagai persiapan dana yang harus dianggarkan

Sekilas awalan

Postingan cara ‘sederhana’ atau cara ‘gampang’ ini sengaja ditujukan buat pemula ya, bukan buat veteran yang sudah mengantongi jam terbang tinggi untuk masalah renovasi/bangun rumah.

Apa yang saya posting disini sekedar informasi awal saja, harga spesifik & detil teknis sebenarnya rekan tim lapangan yang lebih paham, cuma kalau untuk masalah nge-blog mereka kelaut. Jadi ya saya share sebisanya.

Ceritanya waktu itu sempat ada calon klien yang menanyakan kalau untuk bangunan rumah tinggal 2 lantai, apakah lantai 1 dan 2 dihitung dengan harga yang berbeda ataukah harga pukul rata?

Harga per m2 dikalikan luas bangunan

Kalau bangunan hi-rise/gedung tinggi atau proyek pemerintah memang ada tabel untuk harga rata-rata per lantainya, biasanya makin tinggi, makin keatasnya ada pengurangan.

Tapi hal itu kan formal sekali, ada tender/lelang, penyertaan ini itu, penunjukan, tim ahli dll dll. Bedalah dengan pasar rumah tinggal, apalagi rumah mewah, bisa bumi langit perbedaan harganya, harus dihitung khusus sendiri.

Pada rumah tinggal 1 s/d 3 lantai, biasanya agar bisa tetap mudah dan sederhana maka kita pukul rata, toh intinya ingin dapat gambaran awal dulu, masuk tidak dana keseluruhannya, itukan tujuannya?

Misal, harga rata-rata bangunan mewah dengan spec terlampir (atau sesuai keinginan klien) katakanlah 1.5 jt/m2. Bangunannya 2 lantai, luas bawah 300 m2 dan atas 200 m2, maka 1.5 jt x 500 m2 = 750 jt.

Tapi itu belum angka pasti, biasanya kontraktor akan meminta data gambar dari klien untuk dipelajari & kemudian dihitungkan lebih pasti per item pekerjaan dan total akhirnya.

Memilih kontraktor

Cobalah bertanya kepada kenalan atau ke kontraktornya langsung, dan yang paling penting luangkan waktu untuk melihat hasil pekerjaannya di lapangan.

Ini juga bisa menjadi acuan yang bagus, harga A untuk bangunan dengan spec A, harga B untuk spec B, C untuk spec C dst.

Kalau informasi ini adalah hal baru bagi anda, maka coba lihat juga postingan kami mengenai Sistem Cara Pembayaran Kontraktor Atau Pemborong Bangunan (Di posting pada blog kami yang lain)

Demikian postingan kali ini mengenai cara mudah menghitung harga rata-rata bangunan untuk prakiraan kasar awal pekerjaan.

Semoga berguna, salam.

CGA, layanan jasa kontraktor rumah di Bandung

CGA, jasa kontraktor Bandung, jangan ragu untuk menghubungi kami, atau bila anda ingin mengetahui lebih jauh tentang kami dapat membuka halaman profil CGA.

Summary
Bagaimana Menghitung Prakiraan Harga Bangunan Secara Sederhana
Article Name
Bagaimana Menghitung Prakiraan Harga Bangunan Secara Sederhana
Description
Prakiraan awal biaya membangun bisa kita asumsikan secara kasar dengan menjadikannya sebagai harga rata-rata per m2 & persiapan dana yang harus dianggarkan
Author
Publisher Name
CSCGA
Publisher Logo

Author: CS CGA

Jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor rumah di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *