Jasa kontraktor bangunan Bandung, Tips cara memilih kontraktor

Bagaimana memilih kontraktor yang cocok untuk proyek anda? Apa saja yang sebaiknya anda ketahui? Tanyakan? Dan persiapkan?

Jasa kontraktor bangunan Bandung

3 tips dari pertanyaan diatas untuk membantu menentukan kontrakor dan kelancaran proyek anda.

1. Apa saja yang perlu anda ketahui:

Referensi kontraktor dari kenalan dan internet
  • Langkah ini berkesan sederhana dan biasa saja, tetapi daripada tidak memulai sama sekali?
  • Carilah kontraktor yang memang sesuai dengan proyek anda, spesialisasi rumah tinggal, gedung, jembatan dll.
  • Bila anda telah menggunakan jasa arsitek sebelumnya, pastikan bahwa kontraktor anda bisa membaca dan mengerti gambar kerja dari arsitek tersebut.
Atur janji temu untuk membahas proyek anda
  • Hubungi mereka dan cobalah mengatur janji temu dengan orang yang paling berwenang bagi proyek anda.
  • Tanyakan apakah mereka bisa mengerjakan proyek anda tersebut, misalnya dari sisi waktu, anggaran dan skala proyek.
Pengalaman/jam terbang dan portofolio
  • Tanyakan mengenai pengalaman mereka selama ini.
  • Coba cari tahu proyek-proyek apa saja yang pernah dikerjakan, bila memungkinkan coba kunjungi proyek tersebut atau yang sedang berlangsung, atur janji temu dengan mereka di lokasi tersebut.
Tata cara sistem kerja kontraktor
  • Sistem pembayaran yang akan dipakai dalam proyek anda, apakah akan menggunakan cost and fee? Borong? Dll. Tentukan dengan teliti mana yang ingin anda kejar, kualitas ataukah kecepatan? Anda bisa lihat pembahasan mengenai ini dalam posting kami sebelumnya, yaitu: tata cara sistem kerja kontraktor bangunan

2. Apa yang perlu anda tanyakan:

Cara berkomunikasi antara pemilik dan kontraktor
  • Diskusikan bagaimana cara anda dan kontraktor anda berkomunikasi ketika proyek berjalan, seolah remeh tetapi ini penting. Bila anda punya waktu luang maka tidak masalah, tetapi bila anda perlu mendelegasikan urusan koordinasi proyek kepada wakil anda maka tetapkan orangnya dan sejauh apa wewenang dia untuk keputusan di lapangan.
Sistem pengawasan pekerjaan lapangan
  • Beberapa kontraktor yang memiliki lebih dari satu proyek biasanya menempatkan pengawas lapangan bagi setiap proyeknya dan melakukan kunjungan berkala keliling proyek. Sedangkan yang lainnya mungkin menetapkan sistem yang berbeda. Ada baiknya anda menanyakan hal ini kepada kontraktor anda.
Jaminan/garansi setelah selesai pekerjaan
  • Jangan ragu untuk menanyakan hal ini kepada kontraktor anda, bagaimana bentuk garansi yang diberikan oleh kontraktor setelah proyek selesai dikerjakan, biasanya dalam bentuk jangka waktu tertentu, tergantung skala proyeknya.

3. Apa yang perlu anda persiapkan:

Perizinan, persyaratan dll.
  • Bila anda hendak membangun baru atau renovasi besar maka anda harus menyiapkan perizinan IMB (Izin Membangun Bangunan), biasanya kontraktor mempunyai relasi untuk membantu pengurusannya.
  • Sempatkan waktu anda untuk mengurus izin tetangga, kiri kanan depan belakang, RT/RW dll.
Anggaran proyek
  • Setelah anda sebelumnya bersepakat dengan sistem pembayaran proyek (cost and fee/borong dll.), langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana bentuk termin pembayarannya? Diskusikanlah dengan kontraktor anda dan cari mana yang paling cocok bagi proyek tersebut.
  • Jangan pernah menganggap yang termurah lebih menguntungkan dan termahal pasti yang terbaik, bila ada bagian dari penawaran kontraktor yang anda rasa berbeda dari ekspetasi, anda bisa coba menanyakan dan mempelajarinya lebih jauh.
  • Dana cadangan, kita semua tentu berharap yang terbaik, adem ayem dan lancar jaya, tetapi halangan dan masalah bisa saja terjadi tanpa terduga, selalu persiapkan dana cadangan anda (bencana, hal diluar kekuasaan kita dll.).

Demikian 3 tips dari kami tersebut, semoga bisa berguna.

Jasa kontraktor bangunan Bandung

Bagi anda yang sedang mencari jasa kontraktor bangunan di Bandung jangan ragu untuk menghubungi kami, atau bila anda ingin mengetahui lebih jauh tentang kami dapat membuka halaman profil CGA.

CGA, jasa kontraktor bangunan di kota Bandung.

 

Summary
Jasa kontraktor bangunan Bandung, Tips cara memilih kontraktor
Article Name
Jasa kontraktor bangunan Bandung, Tips cara memilih kontraktor
Description
Bagaimana memilih kontraktor yang cocok untuk proyek anda? Apa saja yang sebaiknya anda ketahui? Tanyakan? Dan persiapkan?
Author
Publisher Name
CGA
Publisher Logo

Author: CS CGA

Jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor rumah di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *