Jasa Kontraktor Rumah Kost, Tips Membangunnya

9 hal yang sebaiknya anda ketahui ketika akan membangun rumah kost

Jasa kontraktor rumah kost

1. Lokasi

Rumah kost ibarat bangunan komersial, mendatangkan income tambahan bagi anda. Seperti usaha komersial lainnya, maka lokasi dan siapa yang akan menjadi pelanggannya adalah yang paling utama. Lokasi strategis, dekat dengan tempat para calon penghuni kost bekerja atau menempuh pendidikan akan sangat bernilai positif. Kontur lahan juga perlu diperhatikan, bila dilahan yang miring maka perlu ada desain perencanaan arsitektur yang baik atau harus dibangun dengan struktur yang sesuai agar kuat dan aman.

2. Segmen pelanggan

Untuk segmen pelanggan seperti apa rumah kost ini nantinya? menengah kebawah, keatas? Misalkan akan mengharapkan penyewa kost dari lingkungan sekitar, maka termasuk kedalam golongan manakah mereka itu? Dari penentuan segmen pasar ini maka anda bisa menentukan tarif, desain kamar dan fasilitas pendukungnya.

3. Fasilitas pendukung

Lokasi strategis dan segmen pasar yang tepat harus pula didukung dengan fasilitas yang sesuai, misalnya:

  • ruang santai
  • ruang tamu
  • dapur kecil/kantin
  • internet, tv kabel/disc dll
  • cuci jemur setrika (laundry)
  • parkir kendaraan penghuni kost

Untuk pangsa pelanggan menengah keatas biasanya akan butuh tempat parkir. Kalaupun area parkir akan memakan banyak tempat toh anda masih bisa mengembangkan bangunan menjadi bertingkat.

4. Penentuan harga sewa

Setelah anda tahu seberapa strategis lokasi, siapa penyewa kost dan fasilitas pendukung yang dibutuhkan dan anda berikan maka dari sini anda sudah bisa menerapkan tarif sewa kamar. Ada banyak cara, apakah mau lumpsum dengan sistem harga yang sudah termasuk kepada fasilitas yang diberikan ataukah dihitung satuan, tarif kamar diluar tambahan fasilitas dll. Semuanya kembali kepada anda, mana yang kira-kira dirasa paling cocok saja.

5. Tingkat hunian sewa

Perhitungkan dengan hati-hati mengenai seberapa banyak jumlah kamar yang akan dibuat dan tingkat hunian yang akan didapatkan. Anda bisa saja sudah membangun rumah kost yang baik, lux, dengan fasilitas yang lengkap tetapi tidak semua kamar kost penuh. Entah karena di wilayah itu juga sudah penuh dengan rumah kost lainnya, atau ya memang ternyata pelanggannya tidak sebanyak yang diharapkan dari awal. Untuk hal ini, anda bisa juga mencoba membangun rumah kost dengan sistem bertahap / rumah tumbuh, misalkan di kemudian hari ternyata permintaan akan kamar kost meningkat maka anda bisa mengembangkan rumah kost anda lebih jauh.

6. Pengurusan bangunan

Tentukan bagaimana operasional rumah kost anda akan berjalan, dari mulai penunggunya, kebersihan, keamanan (CCTV dll), perawatan dan perbaikan dsb. Kebersihan, kerapihan dan ketertiban akan membuat suasana rumah kost menjadi nyaman dan tentram, para penyewa pasti akan betah tinggal di tempat kost milik anda.

7. Ongkos operasional

Beban tagihan operasional dari rumah kost pada umumnya adalah listrik, air dan gaji penunggu. Listrik bisa anda siasati dengan memasang meteran di setiap kamar, sehingga tagihan listrik menjadi tanggung jawab masing-masing penyewa kamar, bila hal ini bisa dilakukan maka akan sangat membantu, pihak pemilik kost tidak perlu pusing dengan tagihan listrik yang tiba-tiba melonjak dan tidak bisa diperkirakan. Air, bila anda ingin membuat kamar kost dengan kamar mandi di dalam, maka perlu diperhatikan bagaimana penyediaan airnya, kadang ada saja penyewa kost yang terlupa mematikan keran air, berimbas kepada tagihan air atau menjadi hambur tak terpakai. Gaji penunggu, beban ini bersifat tetap, sangat bisa diperkirakan dan aman, anda tinggal menyediakan anggaran saja setiap waktu pembayaran upahnya. Lain-lainya bisa berupa tagihan keamanan dan sampah di lingkungan anda, atau kalau ada acara RT/RW mungkin anda diminta turut ‘sukarela’ untuk menjadi sponsor dana.

8. Identitas penyewa

Ada baiknya pengurus kost diberi kuasa untuk menyalin / foto copy kartu identitas dari penyewa, nomor telepon dan wali nya yang bisa dihubungi, ini juga perlu karena mungkin dibutuhkan sewaktu-waktu apabila ada keadaan darurat.

9. Kontraktor rumah kost

Terakhir, pilih kontraktor rumah kost yang cocok bagi anda, pilihlah kontraktor yang berpengalaman dan berkualitas, cobalah lakukan survey pada bangunan-bangunan mereka yang sudah dibangun, lihat bagaimana pekerjaan mereka di lapangan, bagaimana strukturnya, penyelesaian (finishing) bangunannya, penguasaan akan material bahan dll. Lakukan wawancara dengan kandidat kontraktor sehubungan dengan proyek rumah kost anda, perlihatkan gambar desain anda kepada mereka dan diskusikan teknik pelaksanaan, termin pembayaran, lama waktu pelaksanaan dll. Apa yang anda kurang paham atau kuatirkan maka coba tanyakan dan minta pendapat mereka, dari sana anda bisa menentukan mana kontraktor yang anda merasa nyaman bekerja sama dengannya.

CGA, jasa kontraktor rumah kost di Bandung

CGA pun dalam hal ini turut menawarkan layanan jasa kontraktor rumah kost, silakan kontak kami atau anda bisa melihat lebih jauh tentang kami di halaman profil, terima kasih.

CGA, jasa kontraktor rumah kost di Bandung

Summary
Jasa Kontraktor Rumah Kost, Tips Membangunnya
Article Name
Jasa Kontraktor Rumah Kost, Tips Membangunnya
Description
9 hal yang sebaiknya anda ketahui ketika akan membangun rumah kost
Author
Publisher Name
CGA
Publisher Logo

Author: CS CGA

Jasa kontraktor bangunan, jasa kontraktor rumah di Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *